Tuesday, February 9, 2016

Tentang Linux CentOS

Standard
Linux merupakan sistem operasi yang open source namun kita kenal linux Red hat yang merupakan contoh linux yang tidak open source. Ternyata banyak pilihan linux yang ingin anda amati tiru dan modifikasi sesuai konsep ATM yang masih saya ingat pada saat seminar dikampus. Kebetulan disini saya khusus menjelaskan atau sekedar memperkenalkan mengenai linux CentOS, linux yang satu ini merupakan peringkat sembilan dengan pengguna terbanyak di salah satu website yaitu distrowacth.com. Meski hanya peringkat sembilan CentOS atau Community ENTerprise Operating Systems ini merupakan linux yang cukup mudah digunakan bagi para pemula yang baru mencoba linux untuk pertama kali bisa dibilang linux yang satu ini merupakan user friendly.

CentOS merupakan linux yang tergantung pada Red Hat, mengapa? karena Red Hat merupakan satu-satunya linux yang komersial dan banyak dikenal diperusahaan-perusahaan besar. Red Hat juga satu-satuya linux yang di dukung oleh CPanel, itu sebabnya CentOS dikatakan tergantung pada Red Hat yang menjadi satu nilai tambah bagi CentOS. CPanel merupakan sebuah control panel dari sebuah sistem operasi yang dapat digunakan oleh sebuah perusahaan penyedia layanan hosting dengan demikian dapat dengan mudah terkoneksi untuk membuat sebuah website.

Selain itu CentOS merupakan sistem operasi yang hampir sama dengan RHEL atau Red Hat Enterprise Linux kerana CentOS memang turunan linux dari Red Hat, drivers yang dimiliki oleh CentOS sama dengan yang dimiliki oleh RHEL sehingga drivers yang bisa dijalankan oleh Red Hat maka bisa juga dijalankan pada saat kita menjalankan Red Hat.

keuntungan menggunakan CentOS :
  • Kita tidak perlu repot-repot mengoperasikan linux Red Hat yang notabenenya merupakan linux yang komersial, kita dapat menggunakan CentOS sebagai gantinya.
  • Sistem operasi yang gratis
  • open source
  • Kompatibel dengan linux Red Hat
  • Linux yang satu-satunya didukung oleh CPanel 
  • Merupakan turunan Red Hat yang merupakan linux komersial dengan harga yang lumayan, namun Red Hat atau Red Hat Enterprise Linux sehingga apa pun drivers yang dapat dijalankan di Red Hat dapat dijalankan di CentOS

Via UnsiKa

0 komentar:

Post a Comment


Get this widget!

Kumpulan Tutorial & Berita Teknologi Online