Monday, April 27, 2015

Pilihan Cara Mengakses Safe Mode di Windows 8 dan 8.1

Standard
Windows 8.1 menghadirkan banyak perubahan dan perbaikan serta penggunaan beberapa fungsi yang berbeda dengan versi Windows 8. Salah satunya yaitu untuk mengakses Safe Mode. Safe Mode terkadang diperlukan jika sistem operasi Windows mengalami masalah, terutama yang berhubungan dengan software atau driver. Pada Windows versi sebelumnya, untuk mengakses Safe Mode kamu tinggal menekan tombol F8 sebelum tampilan startup dimulai yang mana hal itu tidak berlaku lagi pada Windows 8 dan 8.1. Berikut beberapa cara untuk mengakses Safe Mode di Windows 8 dan 8.1 (yang beberapa diantaranya memiliki cara yang sedikit berbeda):

Cara Pertama (berlaku di Windows 8 dan 8.1)
Cara yang bisa dibilang paling mudah yaitu menggunakan tool bawaan Windows menggunakan perintah msconfig. Kamu tinggal tekan tombol kombinasi Windows+R, ketikkan msconfig dan tekan enter. Masuk ke tab Boot dan aktifkan Safe boot dan Minimal. Klik Apply dan OK lalu lakukan restart.

Cara Dua (berlaku di Windows 8 dan 8.1)

1. Tekan tombol Windows+I untuk mengakses menu sidebar dan klik tombol Power. Tekan tombol Shift sambil klik fungsi Restart. Nantinya kamu akan mendapati layar berwarna biru dengan pilihan menu Continue, Troubleshoot, dan Turn off your PC. Kamu bisa memilih Troubleshoot>Advanced Options.
2. Pada menu ini, pilih Startup Settings. Akan terlihat daftar pilihan yang akan ditampilkan saat proses restart Windows. Klik Restart untuk memulainya. Setelah restart akan muncul pilihan Startup Settings yang diantaranya terdapat pilihan Safe Mode. Untuk memilih salah satunya, kamu bisa menekan tombol F1 hingga F9 sesuai pilihan. Dan Safe Mode bisa kamu aktifkan dengan menekan tombol F4.

Via PCplus

0 komentar:

Post a Comment


Get this widget!

Kumpulan Tutorial & Berita Teknologi Online